Senin, 15 Februari 2010

Tips Untuk Motherboard Berbasis AMD

|
Bagi anda yang menggunakan motherboard berbasis AMD (menggunakan prosesor AMD), tips berikut dapat membantu anda untuk memelihara motherboard. Besarnya panas yang dihasilkan oleh perangkat berbasis AMD memang masih jadi pemicu utama terjadinya berbagai masalah.


Ciri dari motherboard yang berbasis AMD adalah digunakannya prosesor yang berjenis AMD juga, seperti Duron, Athlon dan Phenom. Untuk langkah pemeliharaan, anda bisa lakukan tips berikut:

Memakai fan / kipas casing tambahan
Panas, ya itulah alasan yang tepat untuk menggunakan fan casing tambahan. Dengan memakai fan casing tambahan, panas yang dikeluarkan oleh prosesor akan terbantu untuk dikeluarkan juga dari casing sehingga sirkulasi udara pada casing menjadi lebih teratur. Hal ini juga tentunya akan mengurangi panas didalam motherboard itu sendiri. Biasanya pada casing terdapat 1 - 3 tempat untuk memasang fan / kipas tambahan, baik didepan casng ataupun dibelakang. Anda bisa mendapatkan fan / kipas ini dari toko-toko komputer

Perhatikan kondisi Motherboard
Perhatikan pada papan motherboard anda, Jika ujung konduktor nya (bentuknya spt kapsul) sudah mulai mekar (mengembang keatas) maka 'segeralah' mengganti / menukar motherboard anda, sebab ini menunjukkan kekuatan motherboard sudah mulai lemah. Cepat atau lambat, motherboard anda pasti akan segera 'pensiun'. Memang panas yang kerap tinggi memicu komponen pada motherboard menjadi tidak stabil dan kurang bertahan lama. Ini suka terjadi pada motherboard yang sudah berumur.

Waspada terhadap Overclock
Overclock adalah meningkatkan kemampuan suatu perangkat 'melebihi kapasitasnya'. Misalkan prosesor anda berkecepatan 2,0 Ghz, maka jika di overclock bisa menjadi 2,3 Ghz, 2,5 Ghz dan sebagainya. Dengan kata lain, overclock adalah 'memaksa' suatu perangkat untuk bekerja diatas kemampuan normalnya.

Jika anda hendak melakukan overclock (prosesor misalnya), perhatikan terhadap komponen-komponen lainnya, termasuk motherboard. Anda jangan hanya terfokus untuk melakukan overclock tanpa melihat komponen yang lain. Sebagai catatan, melakukan tindakan overclock akan mempengaruhi terhadap komponen yang lainnya. Tidak di overclock pun, suhu di dalam motherboard sudah tinggi. Meskipun prosesor anda support untuk overclock tapi tidak memerhatikan kondisi motherboard, maka motherboard anda akan timbul berbagai masalah. Lebih baik anda lihat di buku panduan terlebih dahulu, apa yang mesti anda lakukan jika hendak melakukan tindakan overclock, ikuti anjuran dari pihak produsen.

Saat ini, tidak hanya prosesor yang bisa di overclock, perangkat lain pun sudah mendukung proses overclock, seperti VGA Card / Kartu grafis ataupun Memori / RAM.

Sumber : CerdasKomputer.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2010 Artikel-dea

Template N2y Shadow By Nano Yulianto