Minggu, 13 Desember 2009

Apa Itu Adware ?

|
Dilihat dari namanya, adware berasal dari kata ad (advertisement) yang artinya iklan dan ware yang artinya benda. Jadi adware adalah benda iklan. Maksudnya apa? Kalau aku copas dari wikipedia, ini aku kasih hasilnya :
” Adware adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah jenis perangkat lunak mencurigakan (malicious software/malware) yang menginstalasikan dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan-iklan ketika pengguna berselancar di Internet. ”
Adware ada yang baik ada yang buruk (aku sendiri yang bikin istilah. Sory kalau salah istilah). Lho, adware kok baik? Taukah kamu, bahwa antivirus AVG 8.5 free adalah adware? Mungkin sudah banyak yang tau. Tetapi ini adalah adware yang tidak parah. Ya cuma mengiklankan supaya kita membeli yang berbayar dan tidak mendownload content dari internet. Tetapi kan tidak terlalu parah ngiklannya. Nah yang banyak orang gunakan dan ini agak parah adalah Yahoo! Messenger. Ini iklannya macam-macam di bawah. Ya walaupun ukurannya cuma kecil tetapi ini adalah termasuk adware. Nah AVG 8.5 dan Yahoo!Messenger adalah contoh adware yang baik. Karena ada gunanya walaupun juga ada iklannya. Dan banyak orang yang pakai walaupun adware.
Nah sekarang adware yang jahat. Adware yang jahat biasanya nginstall sendiri seperti virus gitu. Dan tanpa kita tau mendownload software atau materi iklan tanpa setahu kita. Dan tau-tau muncul sendiri. Beberapa antivirus sudah mendeteksi adware yang jahat. Tapi adware sperti itu sangat jarang ada. Dan akubelum pernah kena kaya gitu.
Kalau aku, males deh pakai software yang adware. Kalau antivirus di windowsku kebetulan bukan adware. Kalau YM, aku sih pakai Pidgin. Soalnya kebetulan aku internetnya pakai dial-up. Jadi bandwithnya males kalau gedhe-gedhe hanya untuk sesuatu yang aku tidak butuh.
Untuk tau bahwa itu adware atau bukan, lebih baik kalau download software di softpedia saja deh. Di situ ada tulisan adware atau bukan. Kalau adware, pasti ada iklan deh di software kamu download. Tapi kalau freeware atau shareware mungkin tidak ada iklannya. Ya cermat-cermatlah dalam memilih software yang dipakai di komputer. Lebih baik tidak memilih yang adware. Pilih saja yang freeware. Semoga infonya bermanfaat ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2010 Artikel-dea

Template N2y Shadow By Nano Yulianto